Yah ini lanjutan dr postingan dengan judul yang sama aja, cuma bagian ini masuk ke kategori research and experience, yang artinya sudah diselidiki dan diamati. Menurut pengalaman pribadi yg sekitar bbrp minggu yg lalu, saya mencoba teknologi keseimbangan ini dengan menaiki kendaraan SEGWAY ini yang pada saat itu saya mencobanya di “Kampung gajah” bandung sekitar ke arah setia budi ke atas lagi, biaya sewa IDR 100,000 dengan durasi 15 menit bebas muter2 di arena yang telah disediakan, spec mesinnya dimulai dari baterainya alat itu harus di charge selama 10 jam dan dapat aktif 7 jam selama berturut2.

Spec secara fungsional mesin itu mempunyai respon yang cukup baik untuk ukuran mesin transportasi karena mesin ini secara keseluruhan menggunakan keseimbangan untuk berjalan, mereka tidak menggunakan sistem throttle (akselerasi) seperti pada mobil atau motor yang pastinya akan naik terus kecepatannya, karena mennurut saya setelah dicoba alat itu mempunyai kecepatan yang konstan kalau saya bergerak secara teratur. Kalau dari sisi kelincahan seperti pada umumnya mobil, kalau menggunakan kecepatan yang cukup tinggi akan membutuhkan kurva yang besar kalu ingin berputar balik 180 derajat, sedangkan kalau kondisi diam sama sekali benda ini dapat berputar 180 derajat dengan mudahnya hanya dengan membengkokkan handle atau kemudinya ke samping maka alat itu akan berputar balik dan hanya bergeser beberapa centi dari posisi semula.

Kalau dari tipe yang saya coba adalah tipe yang memiliki roda off road dan alat itu cukup anti guncangan dan tahan benturan kalau hanya 10-20 kmh. Untuk ketahanan menurut saya cukup kokoh karena flexibiliti terhadap ketinggian serta roda yang besar membuat mesin bagian tengahnya terlindungi dan cukup mudah dikendalikan meski baru pertama kali naik. Ya mungkin itu aja pendapat saya tapi kalo teknik spesifiknya kurang tau karenak kurangnya waktu dan ilmu. haha

Advertisements